Berkunjung Ke Kantor BAMAG, Puti Soekarno Bicara Soal Merajut Persaudaraan

0
130

Setelah mendapat kunjungan silaturahmi dari Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu, Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) kembali menerima kunjungan Calon Gubernur Jawa Timur kandidat nomor 2 Puti Guntur Soekarno. Calon Wakil Gubernur Jawa Timur yang menjadi pasangan dari Gus Ipul ini bertamu di kantor BAMAG, pada 22 Mei 2018.

Didampingi Badan Pengurus Harian (BPH) BAMAG Surabaya dan Jawa Timur, Pdt. Sudhi Dharma selaku Ketua Umum BAMAG menyampaikan keberadaan BAMAG serta perannya bagi gereja-gereja, masyarakat dan pemerintah. Masalah pendidikan dan keadilan sosial yang belum terwujud sepenuhnya menjadi fokus utama yang disampaikan kepada cucu Soekarno ini.

Di hadapan pengurus BAMAG, putri tunggal Guntur Soekarno tersebut menyampaikan bahwa tokoh agama merupakan garis depan dalam menjaga bangsa ini. Bahwa misinya di Jawa Timur ini tidak hanya mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur, tetapi dalam rangka merajut kembali benang persaudaraan antara elemen masyarakat serta tokoh-tokoh agama yang ada di Jawa Timur. Itulah mandat yang diemban Puti.

Salah satu gagasannya adalah mengadakan jambore lintas iman yang dapat menumbuhkan karakter dan ideologi bangsa terutama pada generasi muda. Disampaikan pula program-program penting lainya seperti, memajukan pendidikan, akses pendidikan SMA dan SMK digratiskan, memajukan bidang pariwisata, olahraga, UMKM, serta pemberdayaan perempuan.

Puti saat berbincang dengan pengurus BAMAG

Persoalan penting lainya adalah tentang kepemudaan dan integritas. “Masalah integritas ini sangat terkait erat dengan pendidikan karakter. Menciptakan karakter kepemudaan itu pintu masuknya harus dimulai sedini mungkin, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA sampai Universitas. Selain itu institusi keluarga dan pendidikan juga menjadi pintu utama dalam membentuk karaktek. Kedepan, pendidikan karakter akan terus diperjuangkan menjadi kurikulum yang disesuaikan dengan situasi sekarang,” terang Puti.

Sebagai Ketua Umum BAMAG Surabaya dan BAMAG Jawa Timur, Pdt. Sudhi Dharma menilai bahwa provinsi Jawa Timur ini membutuhkan pemimpin yang bisa melayani sekaligus punya integritas kuat, sehingga pancasila dan kebhinnekaan, serta NKRI tetap terus terjaga.

Pada kesempatan itu, Puti juga menyampaikan rasa dukacita mendalam atas peristiwa teror bom yang terjadi di tiga gereja di Surabaya.

Banyak pertanyaan maupun masukan yang disampaikan para pengurus BAMAG baik tentang pendidikan, integritas, kesenjangan sosial dan ekonomi, kebebasan beragama, kerukunan, dan keadilan sosial. Masukan-masukan tersebut tentunya akan menjadi bahan diskusi pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur ini. (berkat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here