Tri Dasawarsa Majalah Berkat, Sebuah Perjalanan Tentang Kesetiaan, Pengabdian dan Persembahan kepada Tuhan

0
147

Panitia Ulang Tahun ke 30 Majalah Berkat juga mengadakan Kebaktian Pengucapan Syukur dan Perayaan Tri Dasawarsa Majalah Berkat. Acara yang diadakan Sabtu 28 Juli 2018 itu menggunakan gedung ibadah GKI Ngagel Surabaya. Ibadah syukur dipimpin oleh Pdt. Em. Djoko Sugiarto dengan liturgos utama Yahya Djuanda. Pelayanan pujian oleh Paduan Suara Gloria Sinode menunjukkan kekompakan yang sangat bagus. Usia anggotanya boleh di atas 60 tahun, tetapi suara mereka tetap lantang bertenaga dan indah selaras. Dalam ibadah juga disampaikan deklarasi visi dan misi Majalah Berkat oleh Purnowo Junarso sebagai Pimpinan Redaksi.

Mengambil bacaan Kejadian 15, mengisahkan Abram yang memandang bintang-bintang di langit sebagai gambaran akan janji Allah, Pdt. Djoko mengharapkan para pengurus dan redaksi Majalah Berkat juga harus tetap melihat ke “atas” dengan mengerjakan perannya dalam meyakini janji-janji penyertaan Tuhan. Sebagai bacaan yang bersifat pastoral, Berkat tetap harus bekerja memberikan informasi multi spektrum dan menjadi alat komunikasi dalam menjalin persahabatan dan perdamaian. Salah satu tantangan yang muncul adalah dari Majelis Jemaat dari berbagai jemaat/gereja GKI yang berlangganan Berkat, mereka terkesan masih “itung-itungan” dalam menyediakan anggaran pembelian Majalah Berkat.

Ketua Panitia Purnowo Junarso menyampaikan bahwa 30 tahun ini bukanlah sebuah perjalanan tentang prestasi, tetapi perjalanan tentang kesetiaan, perjalanan pengabdian dan persembahan kepada Tuhan. Walau pengurus Yayasan dan majalah silih berganti, tetapi kesetiaan dan pengabdian tak pernah mati.

Sedangkan BAMAG (Badan Musyawarah Antar Gereja) Surabaya yang diwakili penasihat BAMAG, Romo Irenaios Wiwit (Gereja Ortodox Surabaya) dalam sambutannya mengatakan bahwa

Majalah Berkat telah berperan aktif sebagai media lintas iman. Sebagai media komunikasi di antara anggota BAMAG juga dilakoni BERKAT dengan baik. Materi yang disajikan BERKAT juga materi yang memberikan rasa damai.

Beda lagi apa yang disampaikan Ketua Umum Forum Beda Tapi Mesra (FBM) Drs. K.H. Achmad Suyanto. Majalah Berkat telah menjadi berkat bagi pengurus FBM dengan menyajikan informasi yag membangun. Isi majalah Berkat merupakan terjemahan Kitab Suci atau Injil yang dituliskan dalam bentuk artikel-artikel. Keindahan tampilan pisik Majalah Berkat yang full color bukan sekedar tontonan, tetapi juga sebagai tuntunan. Di akhir, Achmad Suyanto mengusulkan agar dibentuk sebuah paduan suara lintas iman yang akan mengisi acara-acara FBM maupun acara-acara lainnya. (Wah bagus juga usulannya. Red.)

Acara dilanjutkan dengan makan malam bersama. Sungguh malam hari yang menyenangkan karena syukuran Berkat didatangi 100 orang lebih para sahabatnya. Mencapai usia 30 tahun, suatu rasa sukacita dan syukur bahwa Majalah Berkat telah berperan luas dalam kehidupan gereja dan masyarakat secara nyata.

Hal ini terlihat dari berbagai komentar dan kesan pesan yang disampaikan berbagai pihak dalam 2 rangkaian acara di atas. (baca juga tulisan Kesan dan Pesan). Kami mensyukuri penyertaan dan pertolongan Tuhan yang nyata selama kami berkarya-layanan melintasi berbagai hambatan dan tantangan. Kami akan terus berkarya dan tetap memandang bintang-bintang. (yahud/Berkat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here