STIKES St Vincentius a Paulo Surabaya Ajak Lansia Tingkatkan Kualitas Tidur Melalui Yoga

0
4

Tidur merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh manusia agar proses kehidupan berlangsung baik dan mendapatkan manfaat berkualitas. Saat memasuki usia lansia  hal tersebut akan mengalami pergeseran. Salah satu faktor penyebab perubahan tidur pada lansia yaitu perubahan pada lobus frontal lansia.

Lama tidur normal pada lansia biasanya sekitar 7-8 jam per hari, dan dikatakan mengalami penurunan kualitas tidur apabila  tidur lansia mengalami penurunan waktu tidur sekitar 5-6 jam.

Hal ini yang mendorong Sisilia Indriasari W, M.Kep., Ners dosen Prodi Ilmu Keperawatan dan Anastasia Putu Martha Anggarani, SSt.Ft., M.Kes dosen Prodi Fisioterapi STIKES Katolik St.Vincentius a Paulo Surabaya melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk Posyandu Lansia Pelangi Nusa.

Sisilia Indriasari W, M.Kep., Ners menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibiayai oleh DRPM Kemenristekdikti 2019 bertujuan meningkatkan pengetahuan yang cukup mengenai olah raga yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas tidur lansia dan kader lansia juga tidak memiliki panduan pelaksanaan senam serta kurangnya ketrampilan dalam melakukan senam yoga.

“Hasil survey yang di lakukan di Posyandu Lansia Pelangi Nusantara Kelurahan Darmo Kecamatan Wonokromo didapatkan 8 dari 10 lansia mengalami penurunan kualitas tidur dengan skor PSQI (Pittsburgh Sleep Quality Index) <5, selain itu sebanyak 75% lansia tersebut jarang melakukan olahraga inilah yang memicu lansia sering kurang istirahat” ujar Sisilia pada sabtu,(23/8).

Sisilia menambahkan kegiatan ini dilakukan melalui identifikasi masalah yang dialami lansia terutama berhubungan dengan gangguan tidur, diskusi tim pelaksana yang terdiri dosen dan mahasiswa membahas kegiatan pendidikan kesehatan yang akan dilaksanakan dengan topik yang sesuai dengan kebutuhan lansia dan membahas kegiatan senam yoga untuk meningkatkan kualitas tidur lansia.

Program Kemitraan Masyarakat di Posyandu Lansia Pelangi Nusantara dilakukan selama 3 bulan dengan kegiatan sosialisasi  pendidikan kesehatan dan senam yoga untuk meningkatkan kualitas tidur lansia. “Kegiatan ini menghasilkan sebagian besar (75%) tingkat pengetahuan lansia baik mengenai senam yoga untuk meningkatkan kualitas tidur lansia. Setelah senam yoga secara rutin sebagian besar 80% lansia (48 lansia) memiliki kualitas tidur baik” pungkas Sisilia. (mwp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here