Meski Covid Membawa Kesengsaraan Di Sana-Sini, Masih Ada Perubahan Positif Yang Patut Kita Syukuri

0
15

Saat ini kita mengalami hal-hal yang tak biasa. Bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, ibadah dari rumah dan segala aktivitas lain sebisa mungkin juga dilakukan dari rumah.

Hal ini tentu saja berdampak besar pada tatanan kehidupan masyarakat. Dari pengusaha besar hingga pedagang kecil, dari bisnis jasa perjalanan hingga hiburan, semuanya mengalami penurunan penghasilan.

Untuk menyiasati itu semua, banyak orang lantas bermanuver. Dari karyawan perusahaan menjadi pembuat jajanan, dari bisnis event organizers menjadi penjual sayur online, dari bisnis travel menjadi jasa antar makanan dan lain sebagainya.

Perubahan yang tak biasa pun terjadi. Tempat ibadah yang tidak pernah libur terpaksa di tutup sementara, kegiatan sosial dibatasi. Kebiasaan lama kita juga dipaksa untuk berubah. Dari kebiasaan menjaga kebersihan hingga menjaga kesehatan, semua itu dilakukan demi keselamatan diri dan orang lain.

Selain perubahan di atas, ada perubahan lain yang tidak kalah besarnya, yaitu perubahan alam. Ya, tanpa kita sadari polusi menjadi berkurang, terjadi penghematan energi, dan lain sebagainya.

Tak dipungkiri bahwa Covid-19 telah membawa banyak korban. Meninggalkan duka mendalam bagi mereka yang ditinggalkan. Namun, di sisi lain wabah ini juga membawa perubahan bagi umat manusia, baik perilaku, sifat maupun karakter.

Kepedulian terhadap orang lain juga meningkat tinggi. Dari perkumpulan grup WA hingga perkumpulan organisasi, dari perkumpulan lembaga masyarakat hingga keagamaan, semua melakukan aksinya membantu sesama yang terdampak secara ekonomi. Tak sedikit juga yang membantu di bidang medis untuk kebutuhan rumah sakit dan tenaga kesehatan.

Setiap kejadian jangan hanya dilihat perubahan burknya saja, masih ada perubahan baik yang bisa kita syukuri. Dan perubahan pasti yang bisa kita rasakan dari imbas wabah tersebut, yaitu mengubah kejahatan menjadi kebaikan, keserakahan jadi kepedulian, dan kesombongan menjadi kerendahan hati. Selamat menikmati perubahan. Tuhan memberkati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here